Selasa, 15 Maret 2016

19 TEMPAT WISATA DI SUKABUMI JAWA BARAT YANG WAJIB DIKUNJUNGI



Tempat Wisata di Sukabumi – Sukabumi merupakan salah satu kota/kabupaten di Jawa Barat. Ada banyak sekali tempat wisata di sukabumi yang menarik untuk dikunjungi. Selain tempat wisata di Bandung, sukabumi juga menjadi salah satu destinasi wisata warga jakarta di saat liburan atau akhir pekan tiba.


Jarak suka bumi dari jakarta hanya sekitar 120 Km, dan dari Bangung sekitar 100 Km. Pesona alam sukabumi yang indah membuatnya menjadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau pasangan tercinta. Kota Sukabumi sendiri berbatasan langusng dengan Kabupaten Cianjur (timur), Kabupaten Bogor (utara), Kabupaten Lebak (barat), dan Samudra Hindia (selatan).


Oh ya travelers, perlu kamu ketahui bahwa Sukabumi merupakan daerah di Jawa Barat yang memiliki dua bentuk administrasi yang berbeda yakni kabupaten Sukabumi dan kota Sukabumi. Nah, Tempatwisataseru.com ingin mengajak anda untuk keliling di Sukabumi, di kota dan kabupatennya. Setidaknya ada 19 Tempat wisata di sukabumi Jawa Barat yang wajib dikunjungi, apa saja? Yuk simak berikut ini:


1. TEMPAT WISATA PANTAI CIBANGBAN DI SUKABUMI


Tempat wisata di Sukabumi yang pertama harus kamu kunjungi adalah pantai Cibangban. Pantai ini terkenal dengan keindahan pemandangan di sekitarnya. Selain itu, Pantai Cibangban juga sangat cocok untuk mandi-mandi sama anak-anak, karena ombak disini tidak besar seperti di Pelabuhan ratu.




Jadi kalau kamu mau main air atau main pasir, disini tempatnya. Oh ya travelers, untuk mencapai Pantai Cibangban, anda harus mengambil jalan yang menuju ke Cisolok. Lama perjalanan dari Pelabuhan Ratu kurang lebih adalah 1 jam.







2. TEMPAT WISATA GOA BUNIAYU SUKABUMI


Tempat wisata alam di SUkabumi yang juga harus kamu kunjungi adalah Goa Buniayu. Goa ini menjadi tempat wisata favorit pecinta petualangan. Goa yang terbentuk karena proses pengangkatan tektonik lempeng berjuta tahun yang lalu ini kini menjadi tempat wisata yang seru untuk dikunjungi Maka tak heran kalau banyak dijumpai fosil-fosil koral laut di dinding-dinding goa. Cara terbaik untuk mendapatkan semua informasi yang berkaitan dengan goa Buniayu adalah dengan menggunakan jasa pemandu.


Bagaimana? Anda tertarik berpetualang di Goa Buniayu? Tapi anda harus mempersiapkan fisik ya, karena lama perjalanan dalam goa sekitar 5 jam, tenaga anda akan terkuras habis karena medan yang ditempuh tidak hanya berupa jalan lurus saja, melainkan melewati danau lumpur, berpegangan pada pinggir tebing, memanjat tebing, melewati tumpukan batu, dan lain-lain.
3. TEMPAT WISATA PANTAI UJUNG GENTENG SUKABUMI


Pantai ujung genteng merupakan salah satu destinasi siwata favorit wisatawan yang berlibur ke Sukabumi. Pantai ini memang jaraknya cukup jauh dari Jakarta, menempuh sekitar 220 KM. Namun dengan jarak yang jauh itu akan terbayar setelah kita sampai di pantai ini.





Pemandangannya yang inda, pasir putihnya yang terhampar, ombaknya yang menantang untuk berselancar memmbuat jarak yang jauh menjadi tidak masalah. Kalau anda punya hobi mancing, jangan lupa bawa pancing kesini ya.
4. TEMPAT WISATA PANTAI CIMAJA SUKABUMI


Salah satu tempat berselancar terbaik yang ada di Indonesia ada di Sukabumi. Bagi pecinta surfing tentu kenal dengan pantai yang satu ini, yaitu pantai Cimaja. Pantai ini merupakan tempat wisataa favorit di Sukabumi bagi pecinta selancar. Pantai Cimaja menghadirkan ombak pantai selatan yang sangat pas untuk penggemar surfing. Bahkan, di pantai Cimaja ini cukup sering diadakan event surfing skala nasional


Pantai Cimaja juga memiliki penorama yang indah. Nah, pantai ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Sukabumi yang akan anda kunjungi. Adapun lokasinya ada di Desa Cimaja, sekitar 10 KM dari Pelabuhan Ratu.


5. TEMPAT WISATA TAMAN REKREASI SELABINTANA SUKABUMI


Salah satu objek wisata yang dekat dengan pusat Kota Sukabumi adalah Taman Rekreasi Selabintana. Objek wisata ini menawarkan keindahan dan kesejukan taman. Rumputnya yang bersih, dan areal tempat bermainnya yang luas menjadikan taman ini tempat wisata keluarga favorit di Sukabumi yang harus anda kunjungi.


Anda bisa menggelar tikar, bahkan bisa juga guling-guling di rumputnya langsung. Sangat ideal sekali untuk bermain anak-anak. Anda hanya harus membayar Rp 5,000 untuk dapat masuk.


Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, area parkir yang aman, mushola, toilet, kawasan bermain, lokasi kemah, penginapan, perkebunan teh, hutan lindung, permainan ATV, permainan flying fox, dan fasilitas lainnya.anda sudah dapat menikmati Taman Rekreasi Selabintana yang terletak sekitar 7 KM di utara kota Sukabumi. Fasilitas yang dimiliki oleh Taman Rekreasi Selabintana yaitu:
6. TEMPAT WISATA SITU GUNUNG SUKABUMI


Salah satu tempat wisata alam di Sukabumi yang wajib dikunjungi adalah Situ Gunung. Situ Gunung memiliki pemandangan alam yang begitu asri, memberikan kesejukan dan ketentraman bagi siapa saja yang datang berkunjung ke tempat ini.


Situ atau Danau ini terletak di di kaki gunung Gede Pangrango, sehingga sudah bisa ditebak bahwa suasana disana pasti asik. Danau ini memiliki camping ground yang bisa kamu gunakan untuk camping ceria. Juga terdapat penginapan kalau kamu tidak terbiasa camping. Selain udara yang sejuk, Situ Gunung juga menyajikan pemandangan alam yang begitu mempesona.
7. TEMPAT WISATA KAWAH RATU SUKABUMI


Kawah ratu merupakan salah satu destinasi wisata favorit bag pendaki. Untuk mencapai kawah ratu, anda harus berjalan sekitar 3 jam. Usahakan untuk mendaki pada siang atau pagi hari. Berlokasi di lereng Gunung Salak, Kawah Ratu adalah sebuah kawah aktif yang mengeluarkan uap panas.
8. OBJEK WISATA SUNGAI CITARIK SUKABUMI


Bagi anda pecinta arung jeram, sungai Citarik harus menjadi destinasi wisata tujuan anda di Sukabumi. Selain untuk olahraga arung jeram disini juga ada banyak permaian seperi flying fox, team building, paint ball, dan lain-lain. Biasanya Sungai Citarik sering digunakan untuk kegiatan rekreasi perusahaan karena sifatnya yang membangun kerja sama tim.



9. BERWISATA KE KAMPUNG CIPTAGELAR SUKABUMI


Di Sukabumi ada satu desa yang dijadikan sebagai objek wisata budaya. Kampung Ciptagelar menjadi salahsatu tempat wisata budaya di Sukabumi yang wajib anda singgahi. Letaknya di Kecamatan Cisolok, Sukabumi. Desa ini sudah ada sekitar 650 tahun dengan adat turun temurun sehingga berkunjung ke Kampung Ciptagelar akan menjadi sebuah pengalaman yang unik dan tak terlupakan. Untuk dapat menikmati wisata budaya Kampung Ciptagelar, anda harus melewati perjalanan yang cukup sulit, namun semuanya akan terbayar karena kebudayaan Kampung Ciptagelar adalah kebudayaan yang tak dapat anda jumpai di tempat lain.
10. OBJEK WISATA SUNGAI CICATIH SUKABUMI


Satu lagi tempat wisata di Sukabumi yang bisa anda jadikan untuk menguji adrenalin anda. Di Sungai Cicatih, arusnya lebih deras ketimbang di Sungai Citarik, dan sungainya lebih lebar, jalurnya lebih panjang, serta tantangannya lebih mendebarkan.
ANDA TERTARIK UNTUK MENCOBA KEGANASAN SUNGAI INI?11. TEMPAT WISATA GEOPARK CILETUH SUKABUMI


Anda ingin mengunjungi tempat wisata alam di Sukabumi yang menawarkan keindahan alam purba? Geopark Ciletuh menjadi pilihannya. Selaib bebatuan purba, du Curug ini juga terdapat banyak sekali air terjun, diantaranya curug Cimarinjung, Cikanteh, Sodong, Awang dan Ngelay. Untuk bisa menikmati keindahan bentang alam di Geopark Ciletuh kamu bisa menggunakan jasa paket wisata yang sudah meliputi mobil 4WD yang akan membawamu menjelajah alam disana


Untuk informasi paket wisata di Geopark Ciletuh kamu bisa mengunjung link ini
12. TEMPAT WISATA SITU SUKARAME DI SUKABUMI


Satu lagi situ atau danau yang menarik untuk dikunjungi di Sukabumi, Situ Sukarame. Situ Sukarame ada di kaki gunung Salak tepatnya di kecamatan Parakansalak, Sukabumi. Situ Sukarame dikeliling oleh hutan heterogen yang ditumbuhi pohon pinus dan damar. Di sekitar situ ini juga terdapat perkebunan teh yang membuat pemandangan semakin menawan. Tak terbayangkan keindahannya. Situ Sukarame juga merupakan tempat yang pas untuk camping ceria.
13. TEMPAT WISATA CURUG SAWER DI SUKABUMI


Tempat wisata yang menarik selanjunya adalah curug sawer.
14. WANA WISATA CIPELANG, WISATA ALAM PEGUNUNGAN SUKABUMI


Objek wisata yang di SUkabumi barat yang menarik untu dikunjungi adalah Wana wisata Cipelang. Dengan luas sekitar 3 ha wilayah hutan yang berada di RPH Bacang BKPH Gede bagian Barat Sukabumi. Secara administratif, berada di desa Gunung Pangrango. Di tempat ini, semua pengunjung dapat menjelajahi alam nan menggoda disana. Untuk mencapai destinasi ini, Anda dapat memakai kendaraan beroda empat dan kondisi jalan umum sudah baik dan beraspal.
15. OBJEK WISATA PONDOK HALIMUN SUKABUMI


Destinasi wisata yang selanjutnya adalah Pondok Halimun. Tempat wisata ini ada di Desa Gede Pangrango, Kecamatan Sukabumi. Objek wisata ini menawarkan keindahan alam dan hawa pengunungan yang masih sejuk. Di sepanjang jalan menuju lokasi, Anda juga dapat melihat perkebunan teh yang hijau terbentang sepanjang mata memandang yang menyegarkan mata. Banyak kegiatan yang menyenangkan yang bisa anda lakukan ditempat ini
16. OBJEK WISATA MEGALITIK CENGKUK SUKABUMI


Tempat wisata sejarah di Sukabumi yang menarik dikunjungi adalah Situs purba Megalitik. Ada di desa cengkuk Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Berawal pada tahun 2008, secara tidak disengaja, ditemukan sejumlah benda di kawasan Situs Megalitik Cengkuk. Penemuan ini menguatkan dugaan Cengkuk pernah menjadi pusat kebudayaan zaman megalitik yang terus berlanjut pada zaman logam. Benda-benda yang ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 2008 antara lain pipa rokok, gentong dari tanah, dan mangkuk dari porselen. Sebelumnya, di situs itu, tahun 2007 ditemukan genta dari prunggu dengan ukiran motif india, cawan tempat perhiasan, potongan patung kaki burung dari emas, dan potongan patung dewa syiwa. Benda-benda itu bukan peninggalan zaman megalitik, yang berarti kehidupan masyarakat terus berlanjut di sekitar Situs Cengkuk tersebut .
17. OBJEK WISATA SUMBER AIR PANAS CIKUNDUL SUKABUMI


Objek wisata pemnadian air panas di Sukabumi ini cocok untuk menghilangkan rasa lelah dan mengembalikan kesegaran. Pemandian air panas ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.


Selain itu, Anda akan terpesona dengan pegunungan di sekelilingnya, serta Sungai Cimandiri sebagai daya tarik tersendiri. Salah satu keunikan sumber Air Panas Cikundul adalah alirannya hingga ke Sungai Cimandiri. Bila hujan turun, Sungai Cimandiri tetap terasa hangat. Alam di sekitar Cikundul pun cukup asri sehingga mampu menenangkan pikiran sembari berendam. 


Info yang sangat menarik bagi Anda pencinta arung jeram adalah dibukanya kegiatan rafting mulai tahun 2009, menambah daftar kegiatan yang dapat dilakukan di objek wisata ini. 



Lokasi: 


Koordinat : 6° 58′ 40″ S, 106° 54′ 57″ E


Telepon: 


Email:


Internet:


Arah: 


Fasilitas: kamar rendam air panas, cottage, kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, tempat bermain anak-anak, dan sarana arung jeram.


Jam Buka:


Tutup: Buka tiap hari


Tiket: Rp 6.000 / pengunjung (termasuk berendam di kolam renang air panas). Untuk sema kamar pijat Rp 50 ribu, dan cottage Rp 150 ribu per hari.


18. PENANGKARAN PENYU HIJAU DI PANTAI PANGUMBAHAN


Di Sukabumi terdapat penangkaran penyu hijau. Masuk beberapa puluh meter ke dalam hutan pesisir ini, ada sebuah rumah mess dan tempat penyelamatan penyu. Untuk masuk melihat pelepasan anak-anak penyu kita membayar 10.000 untuk orang dewasa dan 5000 untuk anak-anak. setelah melewati patung Dewa Penyu kita akan menjumpai lorong hutan di mana di sisi kana kiri ada lokasi penangkaran buatan untuk menempatkan telur-telur penyu yang sudah diambil dari induk penyu yang bertelur semalam. lokasi ini di jaga 24 jam penuh dan terlindungi sehingga telur-telur penyu aman sampai menetas menjadi tukik si anak penyu.


Bagaimana? Anda tertarik untuk berwisata ke sukabumi jawa barat? Silahkan tentukan, kira-kira mana saja tempat-tempat yang akan anda kunjungi. Siapkan juga budget yang sesuai. Itulah 19 Tempat Wisata di Sukabumi Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi dari kami, semoga liburan anda menyenangkan. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar yang lain juga tahu destinasi wisata di sukabumi yang menarik dikunjungi.

0 komentar:

Posting Komentar